Facebook telah meluncurkan fitur baru untuk para kreator, nama fitur facebook tersebut adalah reels. Sama halnya dengan instagram, facebook reels ini dikhususkan untuk meng uploud konten video berdurasi pendek (shorts) kurang dari 1 menit.

Menurut saya facebook reels ini bisa menguntungkan bagi pengguna facebook. Dimana pengguna facebook bisa mendapatkan popularitas dengan sangat cepat.

Bukan itu saja, pihak facebook juga memberikan bonus sebesar $1 miliar kepada pengguna facebook reels yang memenuhi syarat. Video Reels-nya minimal memiliki 1000 tayangan selama periode 30 hari (1 bulan) di Facebook.

Video Reels dari kreator harus memenuhi kebijakan monetisasi konten dan konten harus dimiliki oleh kreatornya (konten asli) agar bisa diperhitungkan dalam program bonus.

Bagimana jika sudah 1000 tayangan tetapi tidak mendapatkan bonus?

Perlu diingat, Program bonus Reels Play di Facebook saat ini hanya bersifat khusus undangan. Kreator yang diundang akan menerima notifikasi di Aplikasi Facebook dan Creator Studio.

Namun, dilansir dari facebook.com, bonus ini hanya berlaku sampai tahun 2022 saja. Entah bagaimana untuk kedepannya, semoga saja facebook memberikan fitur monetisasi untuk facebook reels.

Cara Membuat Video Facebook Reels

Step 1


Buka akun di facebook seluler.
Lalu klik garis tiga di pojok kanan atas.
Setelah itu scroll ke bawah, terus klik reels.

Step 2


Setelah itu kalian buka profil reels dengan cara klik foto profil di bagian pojok kanan atas.

Step 3

Step 3: Membuat Video Reels
Klik tombol create berlogo video/kamera.
Disitu juga bisa melihat video reels yang sudah kalian uploud.

Step 4

Step 4: Membuat Video Reels
Buat video reels berdurasi kurang 60 detik. Atau kalian juga bisa langsung mengambil video dari galeri langsung.

Step 5

Step 5: Membuat Video Reels
Setelah memilih video lalu klik next untuk melanjutkan.

Step 6

Step 6: Membuat Video Reels
Buat deskripsi tentang video reels yang kalian uploud, bila perlu tambahkan tag agar bisa bersaing dengan video reels penguna facebook lain. Jangan lupa pilih publik agar video bisa dilihat oleh orang lain. Setelah itu klik tombol share reel.

Nah proses uploud sedang berjalan, jika selesai nanti ada notifikasi di akun facebook kalian bahwa video reels siap ditonton.