Anda pengguna WhatsApp, kan. Pasti pernah mendengar kata WhatsApp Businnes. Apakah anda tahu apa itu WhatsApp Businnes Dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Mungkin anda tidak tahu karena anda sedang mencari tahu, apa itu WhatsApp Businnes.

Pada artikel kali ini, saya akan memberi tahu kamu apa itu aplikasi WhatsApp Business. Bagaimana cara mengunduh, cara menginstal dan menggunakan.

Saat ini, hampir setiap pengguna smartphone di Indonesia menggunakan WhatsApp. Bukan hanya di negara indonesia tercinta saja, tapi pengguna smartphone di seluruh dunia juga menggunakan WhatsApp. Bukan hal yang aneh karena dengan WhatsApp kita bisa chat, nelphon, video call dengan biaya yang murah. Ada juga loh pengguna yang menjadikan WhatsApp sebagai alat bisnis. Ya itulah kelebihan WhatsApp.

Karena saking banyaknya yang menggunakan WhatsApp untuk bisnis, maka perusahaan WhatsApp meluncurkan aplikasi tambahan yaitu Aplikasi WhatsApp Business. Dengan adanya WhatsApp Businnes membuat bisnis mereka lebih sukses. Apalagi bisnisnya di bidang pemasaran digital.

Apa itu Aplikasi WhatsApp Businnes?

Aplikasi WhatsApp Business adalah platform tempat usaha kecil yang dapat mengembangkan bisnis dan tetap terhubung dengan pelanggan. Anda dapat dengan mudah membuat profil bisnis dan katalog untuk menampilkan semua jenis produk kamu di sini.

Di sini anda dapat memberikan variasi produk anda, pesanan produk anda dan selain itu anda juga dapat menjawab pertayaan dengan pelanggan.

1. Kapan Aplikasi WhatsApp Business Diluncurkan!

WhatsApp Business pertama kali diluncurkan pada 18 Januari 2018 di Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

2. Tujuan Peluncuran Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business adalah pusat di mana anda dapat dengan mudah mengelola bisnis anda serta pelanggan anda. Ada beberapa tujuan utama peluncurannya, yaitu sebagai berikut:

  • Setiap orang. Jika dia menjalankan bisnis besar atau kecil, jika dia ingin menjalankan bisnisnya secara profesional, maka dengan menggunakan platform ini, dia dapat dengan mudah membuat profil bisnis profesionalnya.
  • Anda dapat menggunakan WhatsApp Business di mana saja, seperti obrolan WhatsApp dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda.
  • Di platform ini, Anda dapat dengan mudah menemukan fitur seperti balasan otomatis, pesan ucapan, dan balasan gratis juga.
  • Ada banyak bisnis, yang menginvestasikan sejumlah besar uang untuk mempromosikan bisnis mereka, tetapi jika Anda menggunakan platform ini, maka Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan sangat mudah secara gratis.

3. Cara Membuat Akun di Aplikasi WhatsApp Business

Jika Anda ingin membuat akun di dalam Aplikasi WhatsApp Business, maka di bawah ini kami memiliki beberapa langkah mudah, Anda dapat dengan mudah membuat akun dengan mengikutinya.

  1. Pertama-tama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp Business di smartphone Anda dari Google Play Store atau dari App Store.
  2. Nah di sini, cara Anda memasukkan nomor ponsel Anda saat membuat WhatsApp, sama seperti Anda harus memasukkan nomor ponsel yang unik untuk membuat akun. Nomor ponsel yang unik menyiratkan bahwa Anda harus menggunakan nomor ponsel yang belum pernah digunakan untuk membuat akun WhatsApp.
  3. Setelah memasukkan nomor, Anda harus memverifikasi nomor Anda.
    Sekarang dalam proses selanjutnya Anda harus meletakkan foto bisnis atau foto Anda.
  4. Dan Setelah melakukannya, Anda harus mencatat nama bisnis Anda dan kategori mana yang termasuk dalam bisnis Anda. Setelah ini, Anda harus mengklik tombol Berikutnya.
    Setelah melakukan proses ini, Aplikasi WhatsApp Business Anda sepenuhnya siap digunakan.

4. Fitur Aplikasi WhatsApp Business

Ada beberapa fitur hebat untuk aplikasi ini, setiap orang dapat memberikan awal yang baik untuk bisnis mereka. Berikut fitur WhatsApp Businnes terbaik yaitu sebagai berikut.

1. Profil Bisnis

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengumpulkan semua informasi yang terkait dengan bisnis Anda dan membuat profil yang baik di sini. Informasi apa pun yang Anda minta untuk membuat profil, Anda harus mengisinya dengan sangat hati-hati dan dengan cara yang baik. Setelah menyiapkan semua informasi, profil bisnis Anda dapat dibuat dengan mudah.

2. Nama Bisnis

Anda harus memasukkan nama bisnis Anda yang sebenarnya di sini, agar orang tahu nama bisnis Anda. Di tempat ini, jika Anda memasukkan nama bisnis Anda, maka jika Anda memasukkan nama lain, orang akan bingung.

3. Katagori Bisnis

Di sini Anda akan menemukan banyak kategori yang terkait dengan bisnis Anda, jika bisnis Anda termasuk dalam kategori tersebut, maka Anda harus memilih kategori tersebut, jika bisnis Anda tidak termasuk dalam kategori tersebut maka Anda harus memilih opsi yang disebut “Lainnya”.

4. Lokasi Bisnis

Untuk memudahkan pelanggan Anda menjangkau Anda, Anda harus memasukkan alamat bisnis Anda dengan sangat hati-hati dan sedemikian rupa sehingga orang dapat memahaminya dengan mudah. Dengan melakukan ini, Anda meningkatkan kepercayaan Anda pada pelanggan Anda.

5. Tabel Bisnis

Di sini Anda dapat berbagi informasi tentang bisnis Anda dengan pelanggan Anda seperti berapa hari dalam seminggu bisnis Anda buka, kapan tutup dan apa jadwal buka dan tutupnya dll. Dengan memasukkan informasi ini, pelanggan Anda akan menghubungi Anda dengan mudah sesuai dengan waktu kerja.

6. Email Bisnis

Jika Anda memiliki alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan bisnis Anda, Anda dapat memasukkannya di sini untuk kenyamanan pelanggan Anda.

7. Situs Web Bisnis

Jika Anda memiliki situs web yang terkait dengan bisnis Anda di sini, Anda dapat menautkannya di sini. Jika tidak ada website yang terkait dengan bisnis Anda, maka Anda bisa membagikan semua jenis tautan media sosial yang terkait dengan bisnis Anda di sini. Seperti: – Anda dapat menautkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, halaman Facebook, grup Facebook, dll. Melalui fitur ini, Anda tetap berhubungan dengan pelanggan Anda.

8. Statistik

Di sini Anda mendapatkan semua jenis informasi yang terkait dengan profil Anda seperti berapa banyak orang yang telah Anda kirimi pesan, berapa banyak orang yang telah mengirimi Anda pesan dan berapa banyak orang yang telah Anda baca pesannya, dll. Selain itu, berapa banyak orang Anda yang menerima pesan tersebut.

9. Pesan Jauh

Ini adalah alat perpesanan, opsi yang sudah Anda lihat di Statistik. Dengan menggunakannya, Anda dapat mengatur pesan apa pun sesuai dengan Anda. Saat Anda sedang offline, maka pesan ini otomatis terkirim ke pelanggan Anda.

10. Pesan Salam

Dengan bantuan fitur ini, ketika seseorang mengirim pesan kepada Anda di Aplikasi WhatsApp Business, maka mereka dapat menyiapkan dan mengirim pesan selamat datang sesuai dengan keinginan mereka. Melalui fitur-fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengirim pesan selamat datang yang baik kepada pelanggan Anda.

11. Balas Cepat

Anda dapat mengatur jawaban atas pertanyaan yang terkait dengan bisnis Anda untuk diotomatisasi melalui ini. Dengan ini, Anda tidak perlu menjawab dan menjawab pertanyaan yang sama berulang kali dan waktu Anda juga akan dihemat. Selain itu, pelanggan Anda juga akan mendapatkan jawaban yang tepat waktu dan akurat atas pertanyaannya.

5. Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

Anda dapat menggunakan Aplikasi WhatsApp Business dengan sangat mudah. Ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business secara bersamaan di ponsel pintar yang sama.
Anda tidak perlu memberikan nomor pribadi Anda kepada semua orang.
Jika mau, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon rumah Anda dengan Aplikasi WhatsApp Business.
Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis.
Jika Anda ingin melakukan pemasaran lokal yang terkait dengan bisnis Anda, maka itu juga akan membantu Anda dalam hal ini.
Anda juga dapat membagikan tautan situs web atau media sosial Anda kepada pelanggan yang menggunakannya.

6. Siapa yang Dapat Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

Meskipun semua orang bisa menggunakannya, namun kebanyakan pebisnis menggunakannya untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak ada yang fitur berbayar untuk menggunakannya, semua orang dapat menggunakannya sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

7. Manfaat Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business

Setelah menginstalnya di ponsel Anda, Anda akan dapat menggunakan dua WhatsApp, Anda tidak perlu melakukan proses terpisah untuk ini. Anda dapat menggunakan WhatsApp baik pribadi maupun bisnis Anda secara terpisah.
Kita juga dapat menggunakan ini untuk menghasilkan semua pesan, sehingga kita dapat mengetahui produk mana yang lebih diperhatikan dan ingin dibeli oleh pelanggan. Mengetahui hal ini, kami dapat meningkatkan jumlah kualitas dan kuantitas dalam produk kami dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.
Ini benar-benar gratis, yang dengannya Anda dapat dengan mudah membuat bisnis Anda menjangkau pelanggan Anda dan mempromosikannya.

8. Perbedaan Antara Aplikasi WhatsApp Vs WhatsApp Business?

Bahkan jika Anda melihat kedua aplikasi ini sama, pekerjaan mereka berlawanan satu sama lain. Di mana kita menggunakan pesan WhatsApp dengan teman, keluarga, dan orang lain untuk mengobrol dan hal lainnya.

Pada saat yang sama, melalui Aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat dengan mudah mempromosikan bisnis Anda secara gratis dan menjangkau pelanggan Anda. Kedua aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang paralel, namun Aplikasi WhatsApp Business memiliki keunikan tersendiri.

Jadi teman-teman, kami harap Anda telah menerima semua informasi yang terkait dengan aplikasi WhatsApp Businnes.

Melalui artikel ini, kami telah mencoba menjelaskan dan memberikan informasi tentang bisnis WhatsApp kepada Anda melalui kata-kata yang sangat mudah.